0
Selamat siang sahabat blogger semua, kali ini saya akan sedikit cerita tentang pengalaman saya saat riset mini PC yang bernama RASPBERRY Pi .

Raspberry pi sendiri merupakan komputer kecil yang seukuran kartu ATM yang berasitektur ARM dan mempunyai sistem operasi layaknya computer konvensional lainnya. Yang menarik perhatian tentunya ukurannya yang sangat kecil namun kemampuannya tidak sebatas kecilnya ukuran fisiknya. Raspberry pi sendiri mampu bekerja sebagai server lokal area dan mampu bekerja layaknya home server computer pada umumnya.

Dalam pengoperasiannya, Raspi begitu singkatannya hampir sama dengan computer pada umumnya, yakni tidak terlepas dari proses input-output. Untuk inputnya kita bisa menggunakan mini keyboard khusus yang terjual bebas dipasaran dengan koneksi port USB yang terdapat pada si Raspi itu sendiri. Untuk Mouse juga bisa menggunakan mouse pada umumnya tentunya dengan koneksi ke port USB . Sedangkan untuk grafis Raspi bisa dikoneksikan ke Monitor computer dengan menggunakan port HDMI yang dikonverter ke VGA melalui Kabel konverter.

Untuk Sistem Operasinya sendiri, Raspberry Pi menyediakan sendiri di situs resminya untuk mendownload file ISO nya. Terdapat beberapa pilihan OS, Seperti RASPBIAN berbasis LINUX DEBIAN/GNU , ArchLinux , Fedora , Ubuntu mini versi Raspberry , dan yang terbaru dan terhangat adalah Windows 10 core . Nanti kita akan bahas lebih lanjut mengenai instalasi OS Raspberry Pi di bahasan selanjutnya.

Dan perlu diketahui juga, Raspberry Pi memiliki PORT I/O , PORT komunikasi yang merupakan salah satu unggulan tersendiri dari komputer mungil ini. Hal ini juga yang sering membuat orang-orang keliru dan menyebutkan Raspi ini merupakan Microcontroller karena Raspi juga bisa melakukan Interfacing dengan perangkat luar seperti Sensor , RTC , RFID , Dan lain-lain. Hal interfacing ini sering kita jumpai memang pada umumnya di Microcontroller seperti Arduino .

Namun sebenarnya inilah salah satu keunggulan yang membuat saya khususnya kagum akan mini pc ini . Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, namun menawarkan segudang keunggulan . Itulah yang membuat Raspberry Pi sedikit lebih unggul dibanding para pesaing sejenisnya.

Untuk implementasi dan aplikasi raspberry pi sendiri, sekarang sudah sangat cukup luas. Terutama pada bidang Internet Of Things (IoT) yang digadang-gadang sebagai proyek tekhnologi masa depan khususnya di Indonesia yang sedang berlomba dalam mensukseskan program Smart City.

Saya rasa tulisan saya yang sekilas mengenalkan Raspberry pi ini saya akhiri sampai disini saja dahulu . Dilain kesempatan bakalan saya bahas dan bagi cerita lagi dengan sahabat Blogger .

Selamat siang sampai jumpa di Postingan berikutnya.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top